BSA7Gpd8GUz5TproTprpTfA7Gi==

PT GNE Menunggu Kebijakan Pj Gubernur NTB


PT Gerbang NTB Emas, adalah satu-satunya perusahaan daerah aneka usaha dengan pemegang saham 100% Pemerintah Provinsi NTB. Bidang usaha yang dijalankan antara lain industri manufaktur, konstruksi dan properti, agrobisnis dan perdagangan umum, serta aneka usaha lainnya.

Sesuai dengan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham PT Gerbang NTB Emas No 06 Tanggal 16 Juli 2019 melalui Notaris Ermi Purnamasari, maka masa kerja direksi berakhir pada tanggal 16 Juli 2024. Karena sesuai Perda No 3 Tahun 2021 tentang PT Gerbang NTB Emas Pasal 19 No 2, Dewan Direksi diangkat oleh RUPS yang diusulkan oleh pemegang saham untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.

Selanjutnya dalam pasal 71 PP N0 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah dijelaskan, dalam hal terjadi kekosongan jabatan seluruh anggota direksi, pelaksanaan tugas pengurusan BUMD dilaksanakan oleh Dewan Pengawas atau Komisaris. Dewan Pengawas atau Komisaris dapat menunjuk pejabat dari internal BUMD untuk membantu pelaksanaan tugas Direksi sampai dengan pengangkatan Direksi definitif paling lama 6 (enam) bulan.

Manager Humas & Media PT GNE Ahmad Jaelani AP  mengatakan atas dasar itulah, maka PT Gerbang NTB Emas bersurat kepada Pj Gubernur tanggal 15 Juli 2024 untuk mohon arahan dan kebijakan terkait berakhirnya masa jabatan direksi PT GNE. Atas dasar surat ini juga, Karo Ekonomi Pemprov NTB memberi pengarahan kepada jajaran managemen PT GNE serta menunjuk Komisaris Utama sebagai Plt Direktur Utama, sembari menunggu kebijakan dari Pj Gubernur NTB selaku pemegang saham tunggal.

"Alhamdulillah segala operasional PT GNE tetap berjalan sebagaimana biasanya, meskipun terjadi pergantian jajaran direksi sambil menunggu direksi definitif nantinya," sambungnya kepada media ini, Rabu (31/7/2024).

Ia menjelaskan lini usaha khususnya bisnis beton tetap berjalan normal dan lancar, tentunya atas kerjasama dan kerja keras semua divisi di PT GNE.

Saat ini ujarnya, PT Gerbang NTB Emas akan menghadapi audit investigasi dari Inspektorat Provinsi NTB.

"Kami dari managemen tentu akan membantu dan bekerjasama dengan baik selama proses audit berlangsung. Apa pun hasil audit dan rekomendasi dari Inspektorat Provinsi NTB nantinya, akan dijalankan dengan sepenuh hati oleh managemen PT GNE," tandas pria ramah ini.(red)

Komentar0

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.